Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT



MAKNA "BUNGA TERATE" PADA LAMBANG PSHT

Bunga Terate

          Terate adalah nama bunga yang bila dipandang kelihatan indah dan megah, yang dapat hidup disegala tempat dalam situasi dan kondisi apapun. Nama terate bukan sembarang nama, tetapi nama yang diberikan oleh pini sepuh / pendahulu Setia Hati Terate. Pada waktu beliau mendapat petunjuk dari Allah SWT, agar perkumpulan Pencak Silat-nya diberi nama Terate, yang terkandung maksud dapat kekal abadi selamanya. Terate lambang kesucian / kebanggaan bagi Warga Persaudaraan Setia Hati Terate.
  • Indah melambangkan gaya simpati.
  • Megah melambangkan berwibawa.
          Bunga yang indah dan megah sifatnya dapat hidup disegala tempat, di hawa dingin, hawa panas, di darat maupun di air. 

a. Melambangkan bahwa Warga Persaudaraan Setia Hati Terate harus dapat hidup disegala tempat / lapisan masyarakat dan mampu memberi simpatik serta berwibawa.

b. Melambangkan ketahanan hidup dimana saja, walaupun tinggal satu biji tetapi tetap bertunas dan hidup, artinya yaitu Warga Persaudaraan Setia Hati Terate mampu berdiri dan berkembang dimana saja dan Warga Persaudaraan Setia Hati Terate harus mempunyai sikap hidup yang dinamis, mampu menyesuaikan pada lingkungan tanpa terpengaruh lingkungan yang kurang baik.
  • Kumpul dengan orang kaya, tidak kelihatan miskinnya.
  • Kumpul karo wong bodho, ora katon minteri.
  • Kumpul karo wong pinter ora inggah - inggih. 
          Terate merupakan tumbuhan air berdaun melonjong lebar, bunganya putih bahkan ada yang merah jambu yang mekar dimalam hari. Bunga Terate bisa hidup di air yang bersih dan bisa hidup di air yang kotor namun tetap indah menawan. Mempunyai arti Siswa maupun Warga SH Terate diharapkan bisa menjadi suri tauladan yang baik bagi lingkungannya. Bila Siswa / Warga Setia Hati Terate hidup di daerah yang kelam ( masyarakatnya senang judi, mabuk, zina, mencuri, dll ) maka insan Terate tersebut harus bisa menyadarkan anggota masyarakat yang sesat tadi kembali ke jalan yang benar, jangan sampai Siswa / Warga Setia Hati Terate malah terjerumus dilembah kekelaman juga.


          Sejak ribuan tahun lalu, masyarakat Cina / Tiongkok dan India yang beragama Budha, telah menganggap bunga Terate sebagai simbol suatu pencapaian yang sempurna dalam jiwa manusia setelah menempuh proses panjang dalam kehidupan duniawi yang fana. Dalam ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate, bunga Terate merupakan bunga yang indah dan kharismatik bagi siapa saja yang memandangnya, bunga Terate juga sebagai salah satu bunga dari sekian sedikit bunga didunia ini yang mampu tumbuh dan berkembang di dua kondisi alam, yaitu air dan darat. Maka atas dasar itulah para pendahulu kita mengajarkan bahwa insan Persaudaraan Setia Hati Terate mutlak harus mempunyai jiwa kharismatik, dalam kondisi apapun, baik itu menyangkut cobaan hidup, masalah, maupun proses menggapai setiap keinginan, walaupun berat harus tetap menjaga kharismatik kehormatan diri, keluarga, agama, dan organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate. 

          Bunga Terate terdiri dari ada yang masih kuncup, setengah mekar, dan mekar sempurna, maknanya adalah walaupun Warga Persaudaraan Setia Hati Terate itu sendiri dari berbagai latar belakang dari lapisan terendah hingga lapisan yang paling tinggi dan perbedaan ( suku, agama, kasta, jabatan, dan bangsa ) namun semua perbedaan itu tidak bisa memisahkan tali persaudaraan insan Persaudaraan Setia Hati Terate, semuanya dianggap seperti saudara kandung yang sama dan sederajat tanpa membedakan suku,  agama, golongan politik, kekayaan, kepandaian dan tidak lebih terpenting lagi tidak sampai terkotak - kotak, sesuai dengan simbol bunga Terate yang megah dan indah dalam setiap perbedaan.

          Warga Persaudaraan Setia Hati Terate harus mampu hidup dalam kondisi kehidupan apapun, dalam kondisi kemiskinan orang Persaudaraan Setia Hati Terate harus tetap bersahaja pada ajarannya, dalam kondisi mampu / kaya harus selalu ingat bahwa harta dan kedudukan hanyalah titipan Allah SWT, dan yang terutama adalah harus selalu ingat akan saudara - saudaranya, terutama saudara seperjuangan.


Pengertian bunga Terate ada 3 macam :
  1. Kuncup : melambangkan kehidupan manusia kecil ( miskin / rendah ).
  2. Setengah mekar : melambangkan kehidupan manusia menengah ( sedang / cukup )
  3. Mekar : melambangkan kehidupan manusia yang serba ada ( mewah ).
          Ketiga keadaan tersebut berbeda - beda tetapi semua dapat menyesuaikan diri antara golongan miskin, cukup dan mewah. Maksudnya kita harus dapat menghormati semua lapisan yang ada dalam kehidupan masyarakat, ketiga golongan mempunyai derajat yang sama dihadapan Allah SWT, dan juga di dalam Setia Hati Terate.
          Melambangkan bahwa masyarakat terdiri dari berbagai lapisan yang beraneka ragam / macam, baik masyarakat yang mempunyai status miskin, sedang dan kaya semuanya dianggap sama, tidak membeda - bedakan status sosial dan sebagainya. Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah dan semuanya mempunyai wadah satu yaitu Persaudaraan. 


Kesimpulan mengenai bunga Terate :
  1. Bunga Terate dapat tumbuh dimana - mana dan hidup di 2 tempat, misalnya : di darat dan maupun di air, baik di udara panas maupun di udara dingin, ini melambangkan bahwa orang Setia Hati Terate itu harus memiliki semangat juang tinggi / ketahanan semangat optimisme dalam mempertahankan cita - cita untuk memperoleh kebahagiaan lahir dan batin, serta dimana pun insan Setia Hati Terate harus dapat hidup di segala tempat lapisan dan menjadi panutan bagi masyarakat.
  2. Bunga indah dan harum, melambangkan insan Setia Hati Terate harus dapat hidup di masyarakat dan membawa masyarakat disekelilingnya menjadi baik. 
  3. Bunga Terate adalah bunga yang tidak mudah kotor oleh air dan debu walaupun hidup di lumpur tidak akan kotor oleh lumpur itu.Hal ini melambangkan bahwa meskipun orang SH bisa hidup dalm lingkungan / disegala lapisan masyarakat yang tidak baik tetapi insan Setia Hati tidak akan mudah terpengaruh oleh kehidupan menjadi orang yang tidak baik di dalam mayarakat tersebut.
        Kurang lebihnya itulah makna bunga terate pada lambang Persaudaraan Setia Hati Terate yang dapat saya bagikan untuk saudara. Silahkan saudara Share kepada saudara yang lain sekedar untuk berbagi wawasan. Sekian .....dan terimakasih .....

Salam Persaudaraan ..... 

Comments

  1. Bunga terate tdk bisa hidup d atas batu. Itu mempunyai arti bahwa pendiri sht tidak menginginkan warganya hidup d jln kekerasan. Dn kurang siraman rohano/ keshan lh yg menjadi penyebap ny...... Salam persaudaraan sh terate jaya . Amiiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah mampir di blog saya dan masukannya, semoga bermanfaat. Salam Persaudaraan...SH Terate Jaya...

      Delete
  2. Mohon maaf nggeh dulur... mungkin saya kurang sependapat dengan artikel dulur ...lebih baik jangan di share seperti ini ... ini sama saja mengumbar identitas PSHT .... takurnya disalahgunakan orang yang tak bertanggung jawab... mengaku warga karena masalah sepele seperti ini... mohon dikorekai bila ada kata2 yang salah... salam persaudaraan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas👍🏻
      Jika ada org yg ingin tahu tntng ajaran sht, biarlah mereka ikut lthn, bukan pljri di internet.

      Delete
    2. Betul sekali, bahwa ilmu SH itu tidak semuanya bisa dipelajari hanya melalui media apalagi di curi, sebab sesungguhnya orang yang benar-benar belajar adalah harus melalui guru. Namun setidaknya catatan ini bisa untuk menambah wawasan dulur-dulur yang ada disana yang benar-benar memang sudah mempelajari ilmu SH. Terimakasih atas masukannya.
      Salam Persaudaraan ......

      Delete
  3. Semoga yang baca artikel ini tertarik ...trus masuk dan berlatih...mendalami semua materi PSHT...jujur saya katakan...BANYAK WARGA PSHT YANG TIDAK MAU MEMAHAMI "ILMU PSHT ......

    ReplyDelete
  4. Dulur saya pernah dengar cerita dari salah satu sodara kita beliau memdapat cerita dari tingkat 2 diadiun katany..bahwa Terate artinya yg sebenarnya adalah tentara rakyat terpendam...benarkah...? Atau mungkin ada yg berpendapat lain...

    ReplyDelete

Post a Comment

👤 Komentator :
☑ Silahkan berkomentar dengan bijak dan sopan.
☑ Tidak menautkan link hidup dalam komentar.
☑ Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya.
☑ Salam Persaudaraan.

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Materi Pembinaan Fisik PSHT