Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT



MAKNA "HATI PUTIH BERTEPI WARNA MERAH" PADA LAMBANG PSHT


Hati putih bertepi / dibatasi garis warna merah

Hati : melambangkan cinta kasih
Putih : melambangkan kesucian
Batas merah : melambangkan batasan kedisiplinan 

          Artinya cinta kasih yang diberikan Warga Persaudaraan Setia Hati Terate bersifat tulus ikhlas tapi ada batasnya, artinya cinta kasih yang diberikan adalah suci tanpa pamrih, tidak berlebihan dan selalu ada batasnya, karena cinta kasih yang tidak ada batasnya akan membuat orang lain menjadi sengsara bahkan jadi membunuhnya.

a. Maksudnya bahwa manusia itu mempunyai sifat yang baik dan terpuji ( dilambangkan hati putih ), namun satu sisi manusia dibekali oleh nafsu. Disini jika manusia mampu mengendalikan nafsunya maka diharapkan insan Setia Hati Terate harus selalu berfikir bersih / suci dan hatinya juga akan menjadi suci / bersih dan dapat bersinar ( menjadi penerang lingkungan ). Harapannya siswa / Warga Setia Hati Terate haruslah mampu untuk selalu berfikir bersih / suci, menjalankan hidup yang baik dimasyarakat sehingga dia bisa menjadi penerang bagi masyarakat.

b. Hal itu bermakna bahwa insan Persaudaraan Setia Hati Terate senantiasa mempunyai pikiran, tindakan yang suci dan adil dalam hidupnya, serta mengutamakan cinta kasih sayang dalam hal apapun, namun kasih sayang itu ada batasnya, ( garis merah ), karena kasih sayang yang diberikan dengan berlebihan atau tidak terbatas hanya akan menimbulkan kerusakan dan kerugian dalam jiwa maupun raga manusia, ( manja=kemalasan, cinya=perzinaan, uang=pemborosan ). 


c. Melambangkan cinta kasih / kasih sayang yang ada batasnya, kasih sayang yang tidak terbatas berarti pembunuhan. Warna putih pada hati melambangkan bahwa insan Setia Hati itu hatinya bersih, putih dan suci. 

d. Artinya cinta kasih yang murni yang dibatasi dengan batin yang sungguh - sungguh. Pembatasan garis merah : cinta kasih sebab cinta kasih yang tidak ada batasnya akan menimbulkan malapetaka.

Contoh : Seupama kasih sedang sakit dan oleh Dokter dilarang minum es, pada suatu saat kekasih minta dibelikan es, apa yang saya perbuat ?, yang saya lakukan adalah saya tidak akan membelikan es walaupun saya sangat mencintainya, karena pemberian es kepada kekasih yang sedang sakit boleh di ibaratkan pembunuhan / penyiksaan. 

          Kurang lebihnya itulah makna hati putih bertepi warna merah pada lambang Persaudaraan Setia Hati Terate yang dapat saya bagikan untuk saudara. Silahkan dapat saudara bagikan kepada saudara yang lain sekedar untuk menambah wawasan. Sekian ...dan teimakasih .....

Salam Persaudaraan .....


BERIKUTNYA :

- Makna Hati Putih yang Memancarkan Sinar pada Lambang PSHT 


Comments

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT