Materi Panca Dasar PSHT


MATERI PANCA DASAR
PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE


          Materi Persaudaraan Setia Hati Terate (Panca Dasar) adalah materi Pencak Silat yang ada dan diberikan kepada siswa Persaudaraan Setia Hati Terate. Meskipun demikian bukan siswa saja yang harus mempelajari dan memahami apa sebenarnya makna yang terkandung dalam Materi Persaudaraan Setia Hati Terate (Panca Dasar PSHT).

          Dalam Persaudaraan Setia Hati Terate kita tidak hanya belajar Pencak Silat atau ber-organisasi, tetapi lebih dari itu maka daripada itu kita mengenal adanya 5 dasar Persaudaraan Setia Hati Terate. Dan perlu untuk diketahui oleh segenap Warga/Anggota Persaudaraan Setia Hati Terate bahwa tujuan Persaudaraan Setia Hati Terate adalah membentuk manusia berbudi luhur tahu benar dan salah serta ber-taqwa kepada Allah SWT. Untuk mewujudkan tujuan itu Persaudaraan Setia Hati Terate berusaha meletakkan dasar-dasar ajaran yang dikemas sedemikian rupa sehingga mudah diterima para Warga/Anggotanya.


          Berikut adalah penjelasan dan makna daripada dasar-dasar ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate itu pada pokoknya yang terdiri dari 5 aspek ajaran yang terkandung dalam ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate adalah :
  1. Persaudaraan
  2. Olah raga
  3. Beladiri
  4. Kesenian
  5. Kerohanian ( ke-SH-an )
          Namun perlu digaris bawahi bahwa, meskipun yang tersurat dari kandungan pokok-pokok ajaran Persaudaraan Setia Hati Terate itu terbagi menjadi lima aspek, dalam prakteknya keseluruhan dari kelima aspek itu harus mencakup dalam kesatuan. Sebab kelima aspek ajaran itu pada prinsipnya merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisah-pisahkan atau "gangsal kang nyawiji" (lima yang menyatu).

          Itulah sedikit wawasan mengenai "Materi Panca Dasar PSHT" yang dapat saya bagikan untuk Saudara dimanapun berada. Silahkan dapat Saudara bagikan kepada yang lainnya sekedar untuk berbagi dan menambah wawasan. Sekian ..... dan terimakasih .....         
Salam Persaudaraan .....



BERIKUTNYA :

- Makna " Persaudaraan " dalam Materi Panca Dasar PSHT

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT