Ilmu Setia Hati


ILMU SETIA HATI





          Hakekat Ilmu Setia Hati yang sebenarnya adalah ilmu untuk mengenal diri pribadi dengan sebaik - baiknya. " SH " adalah " Setia Hati ", hakikat daripada " HATI " adalah segumpal daging yang berbentuk buah sanubari ( seperti daun waru ). Maka insan Setia Hati Terate menyebutnya dengan sebutan " Hati Sanubari ".

Hati Nurani
          Hati adalah pelita hidup manusia, hatilah yang memberi sinar kebenaran bagi setiap insan, oleh sebab itu kata hati pasti selalu benar. Hati adalah suci, oleh karena itu Setia Hati adalah setia pada kebenaran.
          Disinilah bagaimana cara untuk mengenal diri pribadi dengan sebaik - baiknya, " kenalilah hatimu, kemudian akan kenal dengan dirimu sendiri, selanjutnya akan kenal dengan Allah SWT sebagai sang pencipta ( kholiq ) ".

          Pedoman dari ilmu - ilmu Setia Hati Terate adalah tidak menyalahi hukum kehidupan manusia dan hukum ketentuan Allah SWT. Hukum kehidupan manusia adalah kita tidak merusak benda - benda yang dibutuhkan manusia dn lingkungan. Sedangkan hukum Allah adalah kita tidak menyekutukan Allah dan mampu menghindari segala larangan dan menghindari godaan syetan / iblis yang terkutuk.

Contoh hukum kehidupan
          Dalam pelajaran Pencak Silat, Setia Hati Terate tidak diajarkan pelajaran memecahkan genteng, bata, beton dan lain sebagainya, yang semua itu adalah sangat diperlukan / dibutuhkan dalam kehidupan manusia, kenapa ...?
          Seandainya hal itu diberikan, misalnya pada tingkat polos, siswa harus bisa memecahkan genteng sebanyak 10 biji, siswa jambon 15 biji, siswa hijau 20 biji, siswa putih 25 biji, dan untuk Warga tingkat I sebanyak 30 biji. Berarti tiap orang harus memecahkan genteng sebanyak 100 biji, seandainya siswa Setia Hati Terate seluruh Indonesia sebanyak 500.000 orang, maka berapa kira - kira bangunan rumah yang tidak jadi memakai genteng karena dipakai oleh siswa dan Warga Persaudaraan Setia Hati Terate untuk latihan. Hal ini jelas akan menghambat pembangunan, sedangkan insan Persaudaraan Setia Hati Terate harus cinta pembangunan, sebab negara tanpa pembangunan adalah negara yang menuju kehancuran.


Contoh hukum Allah SWT 
          Allah SWT menghendaki manusia hidup sewajarnya seperti kehendaknya. Jika kulit kena jarum / pisau tentunya akan sakit dan berdarah, artinya bagaimana agar manusia itu hidup lebih berhati - hati. Jikalau seseorang menganut ilmu kebal, biasanya hal ini dapat membuat orang tersebut cenderung menjadi orang yang sombong dan takabur serta tidak berhati - hati. Suatu saat Allah SWT akan menurunkan azabnya, biasanya orang tersebut jalan matinya akan terkena benda yang tajam / kena bacok ( sejarah telah membuktikan ).

          Ilmu yang diajarkan Persaudaraan Setia Hati Terate adalah ilmu yang tidak bertentangan dengan hukum kehidupan manusia dan hukum Allah SWT. Persaudaraan Setia Hati Terate mengajak para Warga-nya untuk hidup yang sewajarnya, sebab sesungguhnya Warga Persaudaraan Setia Hati Terate adalah insan yang tahu norma - norma sebagai manusia dan norma - norma sebagai hamba Allah SWT.

          Maka barangsiapa yang sudah mengenal dirinya, maka akan mengenal Allah SWT, dan bila seseorang telah mengenal Allah SWT, maka jadilah ia seorang yang merendah diri. Untuk mengenal dan memahami manusia serta hal - hal yang berkaitan dengannya, maka perlu diketahui terlebih dahulu asal dan usul tentang manusia. 

          Jika sudah dapat menghayati tiga kata - kata tersebut diatas, barulah orang itu dapat disebut manusia yang berbudi pekerti luhur yang tahu benar dan salah. Sebenarnya bahwa insan Persaudaraan Setia Hati Terate adalah insan yang tahu norma - norma, yaitu :
Sebagai hamba Allah SWT yang ber-taqwa :
  • Semakin tinggi kepandaian / ilmu seseorang dan semakin banyak masalah - masalahnya, maka semakin banyak pula tanggung jawabnya.
  • Semakin bodoh orang itu, sedikit masalahnya akan tetapi semakin banyak penderitaannya.
  • Insan Setia Hati jika berbicara tidak boleh bolak - balik ( plin - plan ).
  • Insan Setia Hati bersaudara atas dasar prinsip.
  • Sapa sing salah ora ngerti salahe, bakal lestari olehe salah.
  • Sapa sing menang sewenang - wenang, bakal ngunduh wohing pakarti, ora lestari olehe menang.
          Sebenarnya telah ada makhluk Allah SWT sebelum Nabi Adam AS diciptakan, tetapi mereka telah dibinasakan semuanya oleh Allah SWT karena kedurhakaan mereka. Kemudian selang beberapa lama Allah SWT berkehendak menciptakan jenis makhluk yaitu manusia. Dan mendengar rencana Allah tersebut, para Malaikat mengajukan keberatan karena manusia adalah makhluk yang suka berbuat kerusakan dan menumpahkan darah.

Dalam Al-Qur'an disebutkan :
Artinya : " Dan ingatlah tatkala Tuhan-mu berkata kepada Malikat : " Sesungguhnya aku hendak jadikan seseorang khalifah dibumi ". Mereka berkata : " Apakah engkau mau jadikan padanya makhluk yang akan berbuat bencana dan akan menumpahkan darah, padahal kami berbakti dengan memuji-mu dan memuliakan-mu ...? ". Lalu Allah SWT berkata : " Sesungguhnya aku amat mengetahui apa yang kamu tidak mengetahui ". ( Al-Baqoroh ).

          Itulah sedikit wawasan mengenai " Ilmu Setia Hati " yang dapat saya bagikan untuk Saudara dimanapun berada. Silahkan dapat Saudara bagikan kepada yang lainnya sekedar untuk berbagi dan menambah wawasan. Sekian ..... dan terimakasih .....         


Salam Persaudaraan .....                  

Comments

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT