Makna Kerohanian dalam Materi Panca Dasar PSHT


MAKNA "KEROHANIAN"
DALAM MATERI PANCA DASAR PSHT


Kerohanian (Ke-SH-an)

          Materi kerohanian adalah merupakan tujuan akhir daripada materi Panca Dasar Persaudaraan Setia Hati Terate ini, dimana kebatinan dan kerohanian tersebut berpijak pada keaslian. Oleh karena itu Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate menerima segala sesuatu atas dasar ridho Allah Swt, atau dalam bahasa Jawa menyebutnya "Nrimo Ing Pandum". Disini mental kerohanian/ke-SH-an berpedoman pada "mengenal diri sendiri dengan sebaik-baiknya". Dengan harapan untuk tercapainya tujuan akhir dari pelajaran Persaudaraan Setia Hati Terate adalah mendidik manusia menempuh kehidupan ini memperoleh keselamatan, kenikmatan rohani maupun jasmani dan kebahagiaan serta kesejahteraan dunia akhirat. Oleh sebab itu Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate tidak mengajarkan ilmu karang yang bertentangan dengan hukum alam dan kodrat manusia seutuhnya.

           Setelah pribadi insan Setia Hati Terate sudah mantap dan berjiwa Persaudaraan Setia Hati Terate, barulah dia bisa melaksanakan tugas dan kewajiban di alam mayapada ini, yaitu "Memayu Hayuning Bawono". Selama insan Setia Hati Terate masih belum memiliki jiwa yang mantap, mustahil kalau dia bisa mengemban tugas "Memayu Hayuning Bawono".

          Mental kerohanian dan ke-SH-an adalah sumber asas Ketuhanan Yang Maha Esa. Insan Setia Hati Terate harus sadar, bahwa sesungguhnya manusia sebagai individu itu tidak dapat hidup dengan sendirinya tanpa ada yang menghidupkan atau dapat pula dikatakan bahwa sebagai individu itu sesungguhnya hanyalah suatu "objek" daripada "subjek mutlak", yaitu Allah SWT. 


          Tanpa memberikan ajaran mental kerohanian, ibaratnya hanya mencetak "tukang pukul". Ini hanyalah suatu hal yang keliru dan tidak di inginkan oleh Persaudaraan Setia Hati terate. Perlu di ingat, bahwa Pencak Silat hanyalah merupakan sarana/pelajaran sampingan, yang diutamakan adalah membentuk manusia Persaudaraan Setia Hati Terate dan bisa Memayu Hayuning Bawono.

Sehingga perlu ditegaskan kembali bahwa tujuan utama daripada Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate, adalah:
  1. Persaudaraan
  2. Ikut serta mendidik manusia berbudi pekerti luhur yang tahu benar dan salah.
  3. Memayu Hayuning Bawono
          Kurang lebihnya itulah makna Kerohanian dalam materi Panca Dasar Persaudaraan Setia Hati Terate yang dapat saya bagikan untuk saudara. Silahkan saudara dapat berbagi ke saudara yang lainnya sekedar untuk berbagi wawasan. Sekian .....dan terimakasih .....

Salam Persaudaraan .....  


Comments

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT