Makna Olah Raga dalam Materi Panca Dasar PSHT


MAKNA "OLAH RAGA" DALAM MATERI PANCA DASAR PSHT



Olah Raga

          Persaudaraan adalah dalam bentuk pemahaman dan pendalam pelajaran Pencak Silat. Pengertian olah raga pada Pencak Silat adalah mengolah raga dengan gerakan - gerakan Pencak Silat yang ada pada Persaudaraan Setia Hati Terate.

          Pada saat mempelajari permainan Pencak Silat, selain memperoleh kemampuan bisa bermain Pencak Silat dengan baik maka raga atau tubuh sendiri memperoleh manfaat, antara lain :
1. Memperbaiki suasana hati 
a. Peningkatan kadar norepinefrin
          Para ahli tidak dapat menerangkan dengan tepat mengapa atau bagaimana olah raga menyebabkan hal ini. Beberapa penelitian mengungkap hal ini dapat disebabkan oleh peningkatan kadar norepinefrin ( suatu hormon yang penting untuk menghantarkan pesan - pesan otak melalui saraf - saraf tertentu di tubuh ) di dalam otak. Perbedaan ini jelas terlihat pada suatu kelainan kejiwaan yang disebut psikosis manik depresif, dimana suasana hati pasien berubah - ubah diantara bahagia dan sedih. Selama fase manik ( gembira ), kadar norepinefrin pasien meningkat dan selama fase depresi, kadar norepinefrin turun secara tajam.

b. Peningkatan suplai darah ke otak  
          Dengan olah raga suplai darah ke otak akan meningkat. Dengan demikian maka otak tidak akan menerima lebih banyak oksigen. Orang - orang lanjut usia yang diberi oksigen seringkali dapat berfikir dengan lebih jelas dan suasana hatinya membaik.


c. Penurunan kadar garam di otak
          Penurunan kadar garam di otak dapat memperbaiki suasan, Dr. Robert Brown telah berhasil menggunakan olah raga dan diuretic untuk mengobati wanita - wanita yang menjadi depresi tepat sebelum masa haid mereka. Ketegangan sebelum haid dan depresi dapat disebabkan oleh tertahannya garam dalam tubuh karena tingginya kadar hormon. Selain itu, dengan olah raga dapat meningkatkan produksi keringat dan diuretic meningkatlah produksi air seni, sehingga akan menurunkan jumlah garam didalam tubuh.

d. Membuat tidur lebih nyenyak
          Dr. Fred Baekland dari State University of New York, pada tahun 1996 merupakan orang pertama yang membuktikan secara ilmiah bahwa latihan fisik yang keras membuat tidur menjadi lebih nyenyak.
          Sedangkan Dr. Colin Shapiro dari Johannesburg, Afrika Selatan dan Dr. R.B.Zloty dari University of Manitoba di Canada dalam penelitiannya secara sendiri - sendiri telah memperlihatkan jumlah tidar nyenyak adalah sebanding dengan mengeluarkan energi diwaktu siang hari. Makin banyak berolah raga, maka tidurpun makin nyenyak.

e. Meningkatkan perasaan berprestasi
          Partisipasi dalam program olah raga yang teratur memberikan kepada banyak orang perasaan telah menyelesaikan suatu tugas sulit dengan baik " Setiap perasaan baik mengenai diri anda sendiri memperbaiki suasana hati anda ". ( Dr. Fred Goodwin dari National Institute of Mental Healt ). 


2. Mengurangi gangguan jiwa
          Tidak hanya orang sehat yang memperoleh keuntungan dari program olah raga yang teratur, tetapi menurut para ahli penyakit jiwa, orang dengan berbagai tingkat penyakit jiwa pun mendapatkan manfaat dari olah raga.
          Dalam penelitian terkontrol tentang " jogging " sebagai terapi untuk pasien dengan depresi klinis, Dr. John H. Greist, seorang ahli ilmu jiwa dari University of Wisconsin, mengobati mereka dengan lari atau psikoterapi. Para peserta mengisi daftar gejala yang dipakai secara luas untuk mengukur derajat depresi. Setelah sepuluh minggu, Greist melaporkan bahwa pelari - pelari tersebut mengalami perbaikan besar. Sedangkan banyak pasien yang mendapat psikoterapi tidak merasa baik daripada sebelumnya.
          Kelainan jiwa sering kali diikuti kelainan fungsi ( Dr. Edward Greenwood Menigger Foundation di Topeka, Kansas ). Itulah sebabnya orang -orang dengan gangguan emosional seringkali membuat gerakan - gerakan aneh dengan tubuh mereka. Tetapi penyakit jiwa dan fisik adalah sejalan. Beberapa bentuk olah raga dapat membantu penderita neurotic dan bahkan psikotic yang paling beratpun.


3. Membantu jantung
Bagaimana olah raga membantu jantung ?
  • Olah raga memperbesar semua arteri koronaria yang memberi makan jantung.
  • Olah raga meningkatkan peredaran darah koletarial ( tambahan ) sehingga ada lebih dari satu pembuluh darah yang akan mensuplay darah dari satu pembuluh nadi terhalang, darah dari pembuluh nadi lain akan memberi makan daerah tersebut mencegah terjadinya serangan jantung.
  • Olah raga menurunkan konsentrasi lemak darah. Tonjolan lemak yang menyumbat arteri konoria menyebabkan serangan jantung.
           Kadar lemak ( trigliserida ) dapat diturunkan dengan aktifitas fisik yang keras (John Holloszy - St. Louis ). Penurunan kadar lemak darah mengurangi kecenderungan pembentukan tonjolan lemak yang menyumbat pembuluh darah.
  • Olah raga membantu jantung untuk mengambil oksigen dari darah lebih efektif.
  • Olah raga menurunkan tekanan darah.

4. Tidak membesarkan atau memburuk otot
          Biasanya banyak wanita merasa takut bahwa setelah mereka mengikuti Pencak Silat maka ototnya akan membesar dan buruk. Ini tidak mungkin akan terjadi, otot bisa membesar apabila melakukan beban latihan ketahanan seperti angkat beban. Sedangkan olah raga pada Pencak Silat justru akan membentuk otot - otot yang panjang dan bentuk badan yang kuat dan menarik.

5. Menghilangkan lemak yang tidak di inginkan
          Berlatih atau ber-olah raga selama sekurang - kurangnya 30 menit sehari akan membantu anda menghilangkan lemak yang tidak di inginkan.
          Dr. Michael Pollock dari Wke Forest University, memerikasa 32 pria yang rata - rata berumur 47 tahun dan telah melakukan jogging selama beberapa tahun. Pemeriksaan tersebut menunjukkan bahwa lemak mereka 10 - 15% dibawah tingkat populasi umum pada kelompok umur yang sama.
          Ketika melakukan latihan ( senam / jurus ), lemak dalam tubuh akan berubah menjadi energi dan menambah massa otot. Otot jauh lebih berat daripada lemak. Itulah sebabnya mengapa ukuran tubuh anda akan berkurang sebelum penurunan berat badan. Daerah - daerah yang akan terbebaskan dari lemak diantaranya adalah perut, paha, pantat dan pinggul.


          Aspek pembinaan olah raga : Aspek pembinaan kesenian dengan melihat kondisi usia siswa, dibedakan sebagai berikut :
1. Siswa kanak - kanak
  • Senam pagi
  • Senam dasar
  • Senam massal
2. Siswa remaja dan taruna
  • Jurus reflek, olah raga 
  • Pertandingan Pencak Silat berat
3. Siswa dewasa dan khusus
  • Olah raga nafas Pencak Silat

          Kurang lebihnya itulah makna Olah Raga dalam materi panca dasar PSHT yang dapat saya bagikan untuk saudaraku dimanapun saudara berada. Silahkan dapat saudara bagikan ke saudara yang lainnya sekedar untuk menambah wawasan. Sekian ....dan terimakasih .....

Salam Persaudaraan ..... 


BERIKUTNYA :

- Makna " Kesenian " dalam Materi Panca Dasar PSHT


Comments

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT