Makna Tulisan Persaudaraan pada Lambang PSHT



MAKNA TULISAN "PERSAUDARAAN" PADA LAMBANG PSHT

Persaudaraan

          Persaudaraan mempunyai arti persahabatan yang sangat karib seperti layaknya saudara, pertalian persahabatan layaknya pertalian saudara. Di organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate, apabila ada anak / orang dewasa mengikuti latihan ( mendapatkan ajaran dari Setia Hati mereka disatukan perasaan senasib yang layaknya saudara ) sehingga timbul rasa bila ada satu yang sakit maka yang lain akan merasakan sakit juga.

          Persaudaraan adalah ikatan lahir batin yang erat antara manusia satu dengan manusia lainnya yang tidak terpisahkan sampai ajal menjemput, itu bermakna bahwa dalam dunia pergaulan organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate hal yang paling utama dan dijunjung  tinggi adalah persaudaraan, yaitu persaudaraan yang sama rata dan sederajat, tidak peduli itu orang apa, tidak peduli latar belakangnya dari mana, tidak peduli mempunyai jabatan tinggi atau rendah, yang namanya keluarga Persaudaraan Setia Hati Terate adalah semuanya sama, baik itu siswa maupun Warga ( tingkat I, II, III ) semuanya sama, namun dalam kesamaan tersebut ditekankan akan sikap saling menghargai dan menghormati terhadap posisi masing - masing, sehingga semuanya bermuara pada tingkat kebaktian, kesopanan, dan kesetia kawanan dalam persaudaraa, karena dimata Allah SWT, hanyalah taqwa yang membedakan diri manusia yang satu dengan yang lainnya.


          Bahwa di Setia Hati Terate dasar utamanya adalah " Persaudaraan ", maka dari itu tidak dibubuhi tulisan " Pencak Silat ". Sebab di Setia Hati Terate tidak ada istilah pensiunan Pencak / guru Pencak. Di Setia Hati Terate walaupun orangnya sudah tidak bisa pencak tetapi pitutur - pitutur itulah yang sangat diperlukan.

          Dalam Setia Hati Terate itu yang menjadi pokok utamanya adalah persaudaraannya, sebagaimana dasar pertama dari Setia Hati Terate itu sendiri, yakni Persaudaraa. Dan disini tidak terdapat tulisan Pencak Silat, kenapa demikian ..?, karena di Setia Hati Terate ini tidak mengenal istilah pensiun, walaupun sudah jompo, sudah tidak bisa lagi Pencak Silat, mereka masih tetap saudara kita asal orang tersebut benar - benar Warga ( sudah di syahkan ). Artinya, di dalam membina anggotannya, PSHT mengutamakan kekalnya tali Persaudaraan dan Pencak Silat hanyalah sebagai sarana saja, namun insan SH Terate harus dapat menyeimbangkan antara Persaudaraan dan Pencak Silatnya.

          Kurang lebihnya itulah makna tulisan Persaudaraan pada lambang Persaudaraan Setia Hati Terate yang dapat saya sampaikan kepada saudara. Silahkan dapat saudara bagikan kepada saudara yang lainnya sekedar untuk berbagi wawasan. Sekian ...dan terimakasih .....

Salam Persaudaraan .....


BERIKUTNYA :

- Makna Tulisan Setia Hati pada Lambang PSHT 


Comments

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT