Hati (Qolbu)


HATI
(QOLBU)


Pengertian

Hati (Qolbu) memiliki dua makna, yaitu :
  1. Adalah Sepotong daging (Mudhghah) yang berbentuk buah sanubari yang terletak di bagian sebelah kiri dada, di dalamnya terdapat rongga berisi darah hitam dan disitu pula sumber atau pusat Ruh.
  2. Adalah sebuah lathiifah (sesuatu yang amat halus dan lembut, tidak kasat mata, tidak berupa dan tidak dapat diraba) yang bersifat Rabbani Ruhani, meski ada juga kaitannya dengan organ hati. Lathiifah tersebut sesungguhnya adalah jati diri manusia atau hakikatnya.
          Dalam pengertian bahasa, qolbu bermakna membalik, kembali, maju-mundur, naik-turun, berubah-ubah. Kata ini digunakan untuk menamai bagian dalam diri manusia yang menjadi sentral diri manusia itu sendiri, yang kita terjemahkan dengan hati. Penamaan demikian, diperkirakan ada kaitannya dengan sifat hati itu sendiri yang menjadi lokus kebaikan dan kejahatan, kebenaran dan kesalahan dimana ia sering berubah-ubah, bolak-balik, maju-mundur dalam menerima kebaikan dan kejahatan, kebenaran dan kesalahan.
          Hati batiniah berfungsi hampir sama dengan hati jasmaniah. Hati jasmaniah terletak di titik pusat batang tubuh, sedangkan hati batiniah terletak di antara diri rendah dan jiwa. Hati jasmaniah mengatur fisik, sedangkan hati batiniah mengatur psikis. Hati jasmaniah memelihara tubuh dengan mengirimkan darah segar dan beroksigen kepada tiap-tiap sel dan organ di dalam tubuh. Ia juga menerima darah kotor melalui pembuluh darah. Demikian pula hati batiniah memelihara jiwa dengan memancarkan kearifan dan cahaya, ia juga mensucikan kepribadian dari sifat-sifat buruk. Hati memiliki satu wajah yang menghadap ke dunia spiritual dan satu wajah lagi menghadap ke dunia hawa nafsu dan sifat-sifat buruk manusia.
         
          Itulah sedikit wawasan mengenai Hati (Qolbu) yang dapat saya bagikan untuk saudara dimanapun berada. Kurang lebihnya saya mohon maaf, sekian dan terima kasih.


Salam Persaudaraan .....


Comments

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT