Persaudaraan (Ukhuwah)


PERSAUDARAAN
( UKHUWAH )

Pengertian

          Ukhuwah berasal dari bahasa arab dengan kata dasarnya adalah "Akh" yang artinya "Saudara", sedangkan kata Ukhuwah berarti Persaudaraan. Secara istilah Ukhuwah Islamiyah adalah kekuatan Iman dan spiritual yang di karuniakan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya yang ber-Iman dan ber-Taqwa yang menumbuhkan rasa kasih sayang, persaudaraan, kemuliaan, dan rasa saling percaya terhadap saudara se-akidah. Sehingga dengan ber-Saudara akan timbul sikap saling sayang-menyayangi, saling tolong-menolong, kasih-mengasihi, saling pengertian dan tidak menzhalimi harta maupun kehormatan orang lain yang semua itu muncul semata karena Allah. 


          Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang sekaligus sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Islam adalah agama Rahmatan lil'alamin, sudah menjadi keharusan bagi setiap Muslim untuk menjaga hubungan dengan baik, baik itu dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, agama, dan negara. 
          Dalam ajaran Islam semua manusia memiliki status yang sama di hadapan Allah SWT. Yang membedakan antara manusia yang satu dengan manusia yang lainnya adalah hanya dari nilai tingkat ketaqwaannya. Islam mendidik umatnya melarang bersifat individualis, akan tetapi justru selalu menyuruh umatnya untuk selalu menjalin hubungan kepada sesamanya (hablumminannas), yang dalam Islam di kenal  dengan Ukhuwah Islamiyah. Ukhuwah Islamiyah tersebut seharusnya menjadi penyemangat baru dalam kehidupan beragama, sehingga dapat menjadikan sebuah suasana yang menyejukkan dan bukan yang menebar kebencian. Ukhuwah (Persaudaraan) dengan sesama muslim tidak akan menjadi Ukhuwah Islamiyah ketika di sertai dengan sikap saling merugikan dan mendzhalimi. Namun ketika persaudaraan terjalin dengan bukan sesama muslim yang meskipun berbeda keyakinan, dapat terjadi pada saat itu juga persaudaraan itu menjadi Ukhuwah Islamiyah.




Adapun yang menjadi dasar-dasar hukum Persaudaraan adalah sebagai berikut :
1. "Sesungguhnya orang-orang Mukmin adalah bersaudara. Karena itu, damaikanlah kedua saudara kalian dan bertaqwalah kalian kepada Allah, supaya kalian mendapat rahmat". (Surah Al-Hujurat ayat 10).

2. "Dan berpegang teguhlah kamu sekalian dengan tali Allah dan janganlah kamu sekalian berpecah belah, dan ingatlah nikmat Allah atas kamu semua ketika kamu bermusuh-musuhan maka Dia (Allah) menjinakkan antara hati-hati kamu maka kamu menjadi bersaudara". (Surah Ali Imran ayat 103).

3. "Perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mencintai, saling mengasihi, dan saling menyayangi adalah bagaikan satu jasad, jika salah satu anggotanya menderita sakit, maka seluruh jasad juga merasakan ( penderitaannya) dengan tidak bisa tidur dan merasa panas". (HR. Bukhari dan Muslim ). 

4. "Orang muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak akan menganiayanya dan tidak akan menyerahkannya (kepada musuh). Barang siapa ada di dalam keperluan saudaranya maka Allah ada di dalam keperluannya. Barangsiapa menghilangkan suatu kesukaran dari orang muslim, maka Allah akan menghilangkan satu kesukaran-kesukaran yang ada pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang menutupi (Aib) seseorang muslim, maka Allah akan menutupi (Aib-nya) pada hari kiamat". ( HR. Bukhari dan Muslim ).




Hikmah dan Manfaat dari Ukhuwah  
          Hikmah dan manfaat yang dapat di ambil sebagai pelajaran untuk menjalin Ukhuwah Islamiyah dalam kehidupan sehari - hari sehingga Allah SWT senantiasa menurunkan berkah di dunia ini antara lain :

a. Terciptanya rasa solidaritas yang kuat antara sesama Muslim.
          Dengan adanya saling tepa selira, merasakan kebahagiaan ketika orang lain bahagia dan merasakan kesedihan ketika orang lain di timpa musibah, akan membuahkan sikap solidaritas yang kuat di antara sesama Muslim. Seorang Muslim akan lebih peduli dan memberikan perhatian yang lebih kepada saudaranya sesama Muslim. Dari sikap inilah Islam dan muslim akan makin kuat dalam berbagai hal termasuk secara ekonomi sehingga terhindar dari jurang kemiskinan.

b. Terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa.
          Apabila seorang muslim mampu memberikan kasih sayang terhadap muslim lainnya, dan kasih sayang itu di wujudkan dalam berbagai aspek kehidupan, kita akan merasakan betapa nikmatnya kebersamaan sebagai umat Islam dan bangsa yang kuat dan kokoh dan tidak mudah di adu domba yang akan menimbulkan perpecahan. Apalagi dengan sikap ikhlas karena mengharap ridha Allah SWT.

C. Terciptanya kerukunan hidup antara sesama umat.
          Apabila seorang muslim menghargai dan menghormati orang lain dalam berbagai hal, termasuk menghormati dan menghargai terhadap adanya perbedaan, baik dalam hal bahasa, budaya, maupun pemahaman agama yang terdapat perbedaan mazhab dan pendapat, kita akan merasakan betapa nikmatnya hidup rukun dalam sebuah perbedaan yang di bingkai atas dasar Ukhuwah Islamiyah dengan menganggap perbedaan sebagai rahmat atas kasih sayang Allah kepada semua hamba-Nya.  

Persaudaraan adalah Anugerah :
  • Persaudaraan adalah saling menyayangi, bukan menyaingi.
  • Persaudaraan adalah saling mengasihi, bukan menyakiti.
  • Persaudaraan adalah saling mendidik, bukan membidik.
  • Persaudaraan adalah saling merangkul, bukan memukul.
  • Persaudaraan adalah saling membina, bukan menghina.
  • Persaudaraan adalah untuk mencurahkan, bukan memurahkan.
  • Persaudaraan adalah untuk solusi, bukan untuk mencari sensasi.
  • Persaudaraan adalah saling membutuhkan, bukan meruntuhkan.
  • Persaudaraan adalah untuk membela, bukan mencela.

          Terkadang ada Saudara yang suka mentraktir kita, bukan berarti karena mereka berlebihan, tetapi karena mereka meletakan Persaudaraan melebihi uang dan karena mereka menghargai arti sebuah Persaudaraan.

          Ketika Saudara kita yang sering Share (berbagi) tentang ilmu yang bermanfaat bagi kita dan Saudara-Saudara kita yang lainnya, bukan berarti karena mereka merasa pintar, tetapi karena mereka ingat kepada kita.
          Jika suatu hari ada Saudara yang mengingatkan kita tentang Agama dan Iman, bukan berarti karena mereka sudah merasa baik dan sempurna, tetapi itulah wujud Persaudaraan karena Allah S.WT semata.
          Persaudaraan dengan hati yang tulus dan ikhlas berdasarkan keImanan dan keyakinan kita, suatu saat nanti kita semua akan terpisah baik oleh jarak atau waktu maupun ajal yang akan menjemput kita. Namun ada Saudara yang akan terus men-do'a-kan kita. Suatu saat anak-anak dan cucu-cucu kita akan bertemu mereka dan bercerita "dulu kita pernah menjalin Persaudaraan bersama".



Ingat Saudaraku ......
          Persaudaraan tidak mencari-cari kesalahan Saudara yang lainnya, akan tetapi justru kita harus menutupi kesalahan mereka dan memperbaikinya (Pepatah Jawa : "Mikul dhuwur mendhem jero). Jika Persaudaraan yang kita bina ini benar-benar berlandaskan HATI yang Tulus dan Ikhlas karena Allah S.W.T. Insya Allah, Persaudaraan ini akan terus berlangsung walaupun amat banyak halangan dan rintangan yang menghalanginya.
          Pada suatu waktu, mungkin sebagian orang cuma memperhatikan kesuksesan kita, akan tetapi ada sebagian Saudara yang peduli akan kondisi kita, dan itulah hakikat Persaudaraan yang sejati.
           Suatu hari mungkin kita lalai dalam canda dan tawa, tetapi ada yang mengingatkan agar kita tidak pernah lalai. Itulah Saudara-Saudaraku dimanapun Saudaraku berada, meskipun kita tidak sering bertemu bahkan tidak pernah bertemu dalam kenyataan, tapi selalu di ingat mereka itu adalah Saudara kita. Mari Saudaraku, kita bangun dan kita junjung tinggi Persaudaraan ini dengan penuh keikhlasan, dan semoga keberkahan akan selalu mengiringi langkah kehidupan kita. Amin yaa robbal 'alamin .....


Hikmah berbagi Ilmu :
Rasullallah S.A.W bersabda : "Barangsiapa yang menyampaikan 1 (Ilmu) saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (wafat), dia akan tetap memperoleh pahalanya". (HR. Al-Bukhari)

          Kurang lebihnya itulah sedikit wawasan mengenai Ukhuwah (Persaudaraan) yang dapat saya bagikan untuk Saudaraku dimana pun Saudara berada sekedar untuk berbagi dan menambah wawasan. Sekian dan terima kasih ....., Semoga dapat bermanfaat .....     
   
Salam Persaudaraan .....


Comments

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT