Sepira Gedhene Sengsara, Yen Tinampa Amung Dadi Coba


SEPIRA GEDHENE SENGSARA
YEN TINAMPA AMUNG DADI COBA

               Falsafah ajaran Persaudaraa Setia Hati Terate ini mengandung suatu pembelajaran dan makna yang luar biasa jika di implementasikan dalam kehidupan manusia di dunia. Dalam menghadapi cobaan hidup manusia sering kali tidak sabar dalam menerima cobaan dari Sang Pencipta. Ujung-ujungnya banyak sekali manusia yang menggunakan jalan pintas hanya untuk sekedar melepaskan beban hidup yang berupa cobaan ini. Sehingga Setia Hati Terate sejak awal sudah mewanti-wanti kepada setiap Warga-nya untuk senantiasa menerima cobaan seberapapun beratnya, sebab musibah atau cobaan yang diberikan Sang Pencipta jika kita menerimanya dengan legowo (ikhlas) penuh kesabaran senantiasa kita akan menuai hasil yang luar biasa pula.
               Dalam menghadapi cobaan/musibah senantiasa Insan Setia Hati Terate selalu berpegang teguh pada ajaran Agama yang di anutnya untuk tetap sabar dalam menerima ujian cobaan/musibah.

Cara untuk menerima ujian cobaan/musibah dengan kesabaran dan keikhlasan, yakni :
1. Selalu berprasangka baik kepada Sang Kholiq (Pencipta)
Musibah dan cobaan memang tidak pernah diharapkan kehadirannya oleh setiap insan, namun bila musibah dan cobaan datang, kita harus siap menerimanya dengan sabar dan ikhlas. Sebagai Insan Setia Hati Terate, hal pertama yang harus dilakukan jika datang pada diri kita yakni khusnudhon (berprasangka baik) kepada Sang kholiq (Pencipta), sebab seburuk - buruknya perilaku adalah ber-prasangka buruk kepada Allah SWT, maka hal demikian harus kita hindari sejauh - jauhnya.

2. Tidak berkeluh kesah

3. Sabar dan Ikhlas

4. Ikhtiar dan Tawakal

5. Optimis untuk menjalani kehidupan

          Itulah sedikit wawasan yang dapat saya bagikan untuk Saudaraku dimana pun berada. Kurang lebihnya saya mohon ma'af. Sekian dan terima kasih .....

Salam Persaudaraan .....

Comments

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT