Mengingat Kembali Pesan Kangmas Tarmadji Boediharsono

Pesan Kangmas Tarmadji Boedi Harsono

MENGINGAT KEMBALI
PESAN KANGMAS TARMADJI BOEDI HARSONO


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

          Hakikat Persaudaraan sejati adalah suatu jalinan Persaudaraan yang dipenuhi dengan rasa asah, asih, dan asuh, yakni Persaudaraan yang tulus dengan didasari rasa saling sayang menyayangi, hormat menghormati dan saling bertanggungjawab. Persaudaraan di Setia Hati Terate adalah Persaudaraan yang tidak memandang siapa aku dan siapa kamu, dan tidak pula dilandasi dengan hal yang bersifat keduniawian seperti drajat, pangkat, dan kedudukan, juga bukan pula Persaudaraan yang dibatasi dengan suku, ras, agama dan antar golongan.
          Maka, selayaknya kita Warga Setia Hati Terate sebagai generasi penerus menghaturkan banyak terimakasih kepada perintis, pendiri dan Tokoh Setia Hati Terate yang telah bersusah payah membimbing dan mengenalkan kita pada ajaran budi pekerti luhur tahu benar dan salah, ber-iman dan ber-taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagaimana tujuan dari ajaran Setia Hati Terate.

          Sebagaimana yang selalu disampaikan Kangmas Tarmadji Boedi Harsono , bahwa salah satu tujuan Setia Hati Terate adalah "membentuk manusia berbudi luhur tahu benar dan salah. Ber-iman dan ber-taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dalam jalinan persaudaraan yang kekal abadi melalui pelajaran Pencak Silat".
            Persaudaraan yang diyakini dan dianut oleh Setia Hati Terate adalah Persaudaraan yang tulus dengan didasari rasa saling sayang-menyayangi, hormat-menghormati dan bertanggungjawab. Persaudaraan yang tidak memandang siapa aku dan siapa kamu, tidak dilandasi dengan sesuatu yang bersifat keduniawian (derajat, pangkat dan martabat), juga bukan persaudaraan yang dibatasi dengan suku, ras, agama dan antar golongan.
          Maknanya, persaudaraan yang dianut Setia Hati Terate adalah sebuah jalinan persaudaraan yang seutuhnya. Sebab Setia Hati Terate meyakini, bahwa semua manusia yang ada dimuka bumi ini pada dasarnya sama. Titah sakwantah, makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Dihadapan Allah Swt, yang dinilai adalah kadar iman dan ketaqwaannya.
          Menyadari hakikat persaudaraan sedemikian itu, maka tugas dan kewajiban kita yang utama adalah menjaga persaudaraan yang telah kita yakini ini demi terwujudnya kedamaian dan kelestarian dunia yakni Memayu Hayuning Bawono.
          Tugas kita sebagai Warga Setia Hati Terate yang berikutnya adalah mengemban dharma dan amanat budi luhur, sekalipun kita sadari bahwa masih jauh dari kesempurnaan. Sebab, nilai-nilai kesempurnaan itu mutlak milik Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa. Maknanya, masih banyak kekurangan yang harus dijadikan bahan evaluasi. Sementara kelebihan yang  terjadi selama kita berdharma sepanjang tahun sebelumnya, wajib pula kita yakini sebagai karunia Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa.
          Selanjutnya, tugas kita sebagai Warga Setia Hati Terate adalah mengemban amanat budi luhur yang terbentang di depan mata, di ibaratkan sebagai pelagan dharma atau perjuangan memperkokoh eksistensi kemanusiaan, yakinlah tentang itu terbentang di depan mata. Baik tantangan yang berwujud pergeseran nilai sebagai dampak era transformasi, maupun tantangan yang lahir dari diri kita sendiri sebagai titah sakwantah (makhluk universal).

          Namun demikian, perlu untuk di ingatkan kembali kepada saudara-saudaraku keluarga besar Setia Hati Terate, bahwa segala bentuk tantangan dan rintangan itu pada hakikatnya bukan berada diluar diri kita, akan tetapi ada di dalam diri kita sendiri. Sebab, musuh terbesar umat manusia adalah dirinya sendiri, yakni hawa nafsunya sendiri. Dalam Preambole/Mukadimah Setia Hati Terate dikatakan "....dalam pada itu Setia Hati sadar dan yakin bahwa sebab utama dari segala rintangan dan malapetaka serta lawan kebenaran hidup yang sesungguhnya bukanlah insan, makhluk atau kekuatan yang di luar dirinya".
          Menyadari hal itu, kangmas Tarmadji pun selalu menghimbau, agar Warga Setia Hati Terate selalu mengevaluasi diri (mesu budi), perbanyak tirakat dan berlomba untuk membersihkan hati. Kemudian dengan penuh kesadaran bersama-sama kembali pada nilai-nilai ajaran Setia Hati Terate.
          Sebagai laku ikhtiar dalam proses menyelamatkan ajaran Setia Hati Terate ini pula, alhamdulillah, Persaudaraan Setia Hati Terate sudah memiliki hak paten. Sejumlah aset Setia Hati Terate yang telah mendapatkan hak paten, antara lain Lambang/badge, baju seragam, gambar senam-jurus dan pasangan, baju batik, Logo serta Mars Setia Hati Terate. Sementara kekayaan intelektual dan produk budaya warisan leluhur Setia Hati Terate saat ini masih dalam proses pengurusan hak paten. Konsekuensi logis dari hak paten itu, tugas kita adalah bersama-sama menjaga aset intelektual yang sudah kita patenkan itu dengan tetap mengedepankan Persaudaraan dan nilai-nilai kearifan serta kesatriaan. Sehingga, Persaudaraan ini akan tetap utuh kalau kita ini tidak merasa, aku sing paling kuat, aku sing paling pinter, aku sing paling ngerti (Adigang, Adigung, Adiguna). Kita di didik penuh kesederhanaan. Status yang kita sandang saat ini hanya titipan sementara, dan itu tidak akan berpengaruh di dalam Paseduluran (Persaudaraan).
           Maka, ditujukan kepada seluruh Warga Setia Hati Terate Kangmas Tarmadji Boedi Harsono menegaskan, mari kita bersama-sama berjuang untuk memegang teguh ajaran Setia Hati Terate dan mari kita kembali ke jatidiri. Setia Hati Terate ini jangan dibawa ke mana-mana, akan tetapi perjuangkan terus agar Setia Hati Terate ada di mana-mana.
          Pesan Kangmas Tarmadji tentang ngelmu, kepada saudara Warga Setia Hati Terate yang secara kebetulan atau sengaja mempelajari ilmu (ngelmu) maupun laku, yang bersumber dari luar ajaran Setia Hati Terate, saya minta jadikan itu hanya sebagai bekal pengayaan keilmuan pribadi masing-masing. Jangan sekali-kali mencoba mencampur adukkan atau mengajarkan laku dan ilmu yang diperoleh dari luar kepada Saudara Setia Hati Terate, ini terkandung maksud agar kemurnian ajaran Setia Hati Terate tetap terjaga.

          "Selama Matahari Masih Bersinar, Selama Bumi Masih Dihuni Manusia. Selama itu pula Setia Hati Terate Tetap Jaya, Kekal Abadi Selama-lamanya".

Wassalamu'alaikum Wr.Wb ......

Salam Persaudaraan .....



Comments

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT