Insan SH Terate Mampu Manjing Ajur Ajer

Insan Setia Hati Terate Mampu Manjing Ajur Ajer

INSAN SH TERATE MAMPU
MANJING AJUR AJER

          Apa makna yang terkandung dalam kalimat "Manjing Ajur Ajer". Kalimat Manjing Ajur Ajer adalah suatu ungkapan bahasa Jawa, yang artinya :
- Manjing : Masuk
- Ajur : Hancur/Melebur
- Ajer : Mencair/Menyesuaikan
          Sehingga apabila tersusun menjadi kalimat "Manjing Ajur Ajer" dapat di artikan "Masuk kemudian melebur dan mencair di dalamnya". Maknanya adalah, Insan Setia Hati Terate itu selalu berupaya bagaimana caranya agar sebisa mungkin dapat masuk dan menyatu serta berbaur dengan lingkungan masyarakat luas disekitarnya dan mampu beradaptasi (menyesuaikan diri) dengan masyarakat luas disekitarnya serta mampu mengendalikan diri dan tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan yang kurang baik.
          Seperti yang telah di simbolkan dalam Makna Bunga Terate, bahwa Bunga Terate dapat bertahan dan hidup di berbagai keadaan sekalipun di air yang keruh, namun bunga Terate tidak mudah kotor oleh keadaan tempatnya serta tidak mempengaruhi sedikitpun harumnya aroma yang dikeluarkan oleh  bunga Terate.

          Ketika insan Setia Hati Terate berada dilingkungan yang baru, insan Setia Hati Terate harus bisa Manjing (masuk) di dalam lingkungan tersebut menjadi bagian daripada komunitas yang ada di dalamnya. Bahkan tidak hanya cukup masuk di dalamnya, insan Setia Hati Terate juga harus bisa Ajur (melebur) menjadi satu dengan masyarakat orang banyak di dalamnya. Walaupun watak, tabiat, kebiasaan, prilaku orang berbeda-beda, insan Setia Hati Terate harus bisa mengakomodir mereka semua. Jangan di niati dengan embel-embel alasan ingin tampil beda, justru akan menjadi orang yang dikucilkan dilingkungan yang kita diami. Selain itu insan Setia Hati Terate pun harus mampu bersikap Ajer (mencair/menyesuaikan) dalam suatu lingkungan agar insan Setia Hati Terate bisa mengikuti atau paling tidak bertoleransi terhadap kebiasaan-kebiasaan atau adat yang ada dalam lingkungan masyarakat yang kita tinggali.

          Dengan seperti itu, harapannya Insan Setia Hati Terate benar-benar mampu untuk melaksanakan sikap Manjing-Ajur-Ajer dimanapun Insan Setia Hati Terate berada. Seiring dengan itu pula, harapannya Insan Setia Hati Terate mampu menjunjung nama baik dan mengharumkan Organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate dimanapun Insan Setia Hati Terate berada, "Dimana Bumi Dipijak, Disitu Pula Langit Dijunjung".

          Itulah sedikit wawasan yang dapat saya bagikan untuk Saudaraku dimanapun Saudara berada. Mudah-mudahan kita sebagai Insan Setia Hati Terate menerapkannya dan semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melindungi disetiap langkah kita untuk menuju kebaikan dan kebenaran. Sekian dan Semoga dapat bermanfa'at .....

Salam Persaudaraan .....

Comments

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT