PSHT Sebagai Media Hati


Persaudaraan Setia Hati Terate
Sebagai Media Hati

( Rahasia yang pendekar dan sesepuh tidak ketahui tentang mengapa kejayaan Setia Hati Terate abadi )


          Pencak Silat PSHT sudah menjadi satu-satuanya komunitas terdepan yang subur dibanding dengan yang lainnya. Yang dijelaskan oleh Pendekar dari Jawa, berikut penjelasannya :
1. PSHT tidak menyebut dirinya sebagai Perguruan, akan tetapi  yaitu Organisasi. Hal ini merupakan kecerdasan tersendiri yang di dalamnya membuktikan memang PSHT merupakan suatu wadah yang perfesional untuk terus bisa beradaptasi dengan perkembangan jaman. Karena unsur didalamnya mampu membentuk karakter setiap Anggota/Warganya, jiwa insan di dalamnya tidak sempit terkurung dengan konsep ilmu khusus, tetapi ilmu yang dijadikan sumber setiap orang mencari ilmu, yaitu ilmu alam dan kemanusiawian.
          Setiap pelaku penuntut ilmu tidak akan bertemu puncaknya kesempurnaan ilmunya sebelum terbuka kemanusiawiannya, karena banyak orang tertutupi sifat kemanusiawiannya oleh kepandaian ilmunya sendiri. Seperti :
  • Orang belajar politik tapi untuk memolitiki orangnya sendiri.
  • Orang belajar kecerdasan ilmu akal tapi untuk mengakali orang dengan keuntungan dirinya sendiri.
  • Orang belajar sakti tapi hanya untuk mencuri, dan lain sebagainya.
Tapi PSHT punya alur seperti wejangan Kiblat Hati :
" Segala pengetahuan tanpa pengalaman adalah kosong, dan setiap pengalaman adalah kesadaran tertinggi yang didalamnya adalah sumber makna sebelum tercipta menjadi setiap ilmu, karena kesadaran tertinggimu ada dalam sifat kemanusiawianmu sendiri ".

2. PSHT memiliki kelebihan membentuk suatu manusia yang tidak hanya mengenal cara menjaga diri, tapi olah batin yang sangat canggih. Di dalam sistem hubungan antara pendidik dan yang di didik tidak ada konsep Guru dan Murid, tapi Saudara.
Kenapa dikatakan canggih, ini alasannya......
Setiap belajar tentang Kerohanian, selalu berhubungan dengan Tuhan. Berhubungan dengan Tuhan, bukanlah pekerjaan ragawi, tapi pekerjaan ruhani.
          Guru adalah posisi yang mampu menghalangi kesadaran ruhani seorang murid untuk mengadakan penjelasan ruhani untuk menemukan eksistensi Tuhan, karena jika didalam kesadaran batin manusia masih ada yang lebih tinggi menandingi Tuhan,

Bersambung .....

Comments

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT