Sejarah Bapak R.Yohanes Saljo Harsoutomo

Sejarah R.Yohanes Saljo Harsoutomo

SEJARAH
BAPAK R.YOHANES SALJO HARSOUTOMO         



         Bapak Yohanes Saljo Harsoutomo adalah salah satu murid dari Ki Hadjar Hardjo Oetomo. Menurut sumber informasi dari Bapak Joko Kuncoro (salah satu murid Bapak R.Yohanes Saljo Harsoutomo), beliau belajar Ilmu Setia Hati dari Bapak Badini di Madiun.


          Bapak R.Yohanes Saljo Harsoutomo lahir pada tanggal 17 Juli, tahun 1917 di Madiun. Setelah menamatkan latihan di Madiun, Baoak Yohanes Saljo Harsoutomo pindah ke Solo, dan bekerja sebagai guru di sekolah SPK. Di Solo beliau mengembangkan Ilmu Setia Hati bersama murid-muridnya, diantaranya murid Bapak R.Yohanes Saljo Harsoutomo adalah :

  1. Bapak Made
  2. Bapak Margono
  3. Bapak Heru, dan
  4. Bapak Joko Kuncoro
          Menurut Mbak Retno (putri Bapak R.Yohanes Saljo Harsoutomo), waktu pagi hari beliau bekerja di Instansi Transmigrasi, dan waktu sore harinya beliau mengajar di Sekolah. Dari Solo kemudian pindah ke Pati, dan kembali mengembangkan Ilmu Setia Hati, sebelum akhirnya menetap di Yogyakarta sekitar tahun 1960an.
          Bapak R.Yohanes Saljo Harsoutomo tinggal di Yogyakarta, di Jl.Ireda MG 1/27, Gg.Kemundung Keparakan Lor-Yogyakarta. Beliau di kenal sebagai sesepuh Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) di daerah Istimewa Yogyakarta. Diantara murid beliau adalah, Bapak Joko Kuncoro, Bapak Muhammad Ngemron, dan Bapak Ir.Soekamto. Setelah muridnya disahkan, latihan dilaksanakan oleh Bapak Muhammad Ngemron dalam pengawasan Bapak Yohanes Saljo Harsoutomo.
           Bapak R.Yohanes Saljo Harsoutomo bersama istri Ibu Siti Sukarsilah (kerabat Pakualaman) dikaruniai 13 keturunan, mereka adalah :
  1. Soebagjono
  2. Soediono
  3. Sri Sudarmi
  4. Sri Murwati
  5. Bambang
  6. Bambang Laksono Wibowo
  7. Bambang Widodo
  8. Sri Winarni Pujiastuti
  9. Bambang Windarto
  10. Endang Widowati
  11. Endang Widayati Kusumaningrum
  12. Agus Sudjojono, dan
  13. Retno Nugrohowati
R.Yohanes Saljo Harsoutomo
          Bapak R.Yohanes Saljo Harsoutomo wafat pada tanggal 22 April 1985, dan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Sasanalaya Yogyakarta.

          Itulah sedikit wawasan mengenai Sejarah Bapak R.Yohanes Saljo Harsoutomo yang dapat saya bagikan. Sekian dan terima kasih .....

Salam Persaudaraan .....


Comments

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT