Sifat Insan Setia Hati Terate


SIFAT-SIFAT INSAN SETIA HATI TERATE


1. Taqwa kepada Tuhan yang maha Esa dan berjiwa berbudi luhur
Insan Setia Hati Terate adalah insan yang ngerti agama, sehingga tidak terlepas dalam menjalankan apa yang sudah menjadi kewajibannya, yakni menjalankan perintah dan menjauhi apa yang dilarang oleh Tuhan-nya dan Insan Setia Hati Terate tidak memikirkan/mementingkan dirinya sendiri, akan tetapi juga memikirkan atau membantu orang lain terutama dalam hal kemasyarakatan.

2. Pemberani dan tidak takut mati
Manusia yang takut mati  berarti nilai Taqwa dan iman-nya terhadap Tuhan Yang Maha Esa, belum mendalam.

3. Mengalah dalam menghadapi masalah kecil/sepele
Insan Setia Hati Terate suka memberi maaf kepada orang lain yang kesalahannya tidak begitu prinsip, jika persoalannya besar/prinsip barulah bertindak. Berarti Insan Setia Hati Terate tidak meninggalkan tanggung jawab.


4. Sederhana
Baik wujud dan tingkah laku kita sesuaikan dengan suasana dimana kita berada. Wujud disini yang dimaksud adalah cara berpakaian/penampilan.
Misalnya: Ketika kita berkunjung atau bersilaturahmi ke saudara kita atau orang lain yang kebetulan kehidupannya tidak mampu/miskin, seyogyanya kita tidak memakai sesuatu (pakaian, perhiasan,dll) yang berlebihan, sehingga tidak menyinggung perasaan orang yang kita kunjungi sekalipun secara tidak langsung.

5. Suka Memayu Hayuning Bawono
Insan Setia Hati Terate senang melihat kebahagiaan bersama, guyub dan rukun. Di dalam hidup kebersamaan ini, Insan Setia Hati Terate tidak bersikap egois/individualistis.
          Sifat-sifat tersebut di atas dapat dipersingkat menjadi 3 hal, yaitu :
  1. Mampu menghilangkan ke-akuannya.
  2. Mampu menghilangkan rasa iri dan dengki.
  3. Siap menjalankan kewajibannya/tugas dalam kehidupan ini.
          Ilmu Setia Hati Terate merupakan sumber pondasi daripada cara berfikir, tindak tanduk, tingkah laku dan pengambilan keputusan dari suatu permasalahan, termasuk penilaian baik dan buruk. Insan Setia Hati Terate mempunyai ketentuan sendiri.
Contoh : Apabila pendapat umum, orang yang bersifat baik-baik-baik terus jelek, ini disebut jelek. Apabila orang tersebut berbuat jelek-jelek-jelek terus baik, ini disebut baik.
          Namun tidak demikian hal-nya dengan pandangan / ketentuan Setia Hati Terate. Kita menilai secara keseluruhan, yakni yang dikatakan baik adalah orang yang banyak berbuat baik daripada jeleknya dan sebaliknya. Orang dikatakan jelek adalah orang yang berbuat jelek lebih banyak daripada baiknya.
          Untuk umum, penilaian tingkah laku dilakukan akhirnya saja, tetapi bagi Insan Setia Hati Terate adalah sebagaimana disebutkan di atas, yaitu secara keseluruhan. Dengan demikian Setia Hati Terate mampu dan bisa guyub rukun yang kekal abadi berdasarkan cara-cara penilaian tersebut.

Semua ini ada kaitannya dengan langgengnya Persaudaraan, karena Persaudaraan mengandung 3 hal, antara lain :
  1. Saling pengertian
  2. Saling sayang menyayangi
  3. Saling bertanggung jawab
Artinya Persaudaraan di dasari 3 hal yang meliputi :
  1. Saling menghargai
  2. Saling membutuhkan
  3. Saling mempercayai
          Uraian di atas adalah syarat-syarat Persaudaraan bagi Warga Setia Hati Terate, sedangkan ilmunya dinamakan Ilmu Setia Hati.
Ilmu Setia Hati Terate adalah ilmu untuk mengenal diri sendiri dengan sebaik-baiknya. Siapa yang bisa mengenal diri sendiri dengan sebaik-baiknya, tidak sulit untuk mengenal diri orang lain. Siapa bisa menasehati diri sendiri tidak sulit menasehati orang lain, sebab semua ini saling kait mengait. Manusia adalah alam itu sendiri, jika manusia sudah meninggal jasad akan dikembalikan ke tanah, maka manusia tersebut melebur menjadi alam kembali.
          Mengenal diri sendiri berarti mengenal alam semesta, alam semesta sebagai makrokosmos dan manusia sebagai mikrokosmos, dengan kata lain Jagat Gede lan Jagat Cilik.

          Itulah sedikit wawasan mengenai Sifat-Sifat Insan Setia Hati Terate yang dapat saya bagikan untuk Saudara. Sekia dan terimakasih... Semoga dapat bermanfaat...

Salam Persaudaraan...

Comments

ARTIKEL POPULER

Makna Tingkatan Sabuk PSHT

Materi Ke-SH-an

Pepacuh Anggota PSHT

Arti Pembukaan Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Pakaian PSHT

Janji Setia Anggota PSHT

Makna Hati Putih Bertepi Warna Merah pada Lambang PSHT

Mukadimah Persaudaraan Setia Hati Terate

Makna Bunga Terate pada Lambang PSHT

Materi Pembinaan Fisik PSHT